IKLAN

Minggu, 09 Juni 2019

Liburan Kuliah atau Sekolah? Saatnya Wisata ke Luar Kota ke Baturraden

Tampak Depan Wisma Balai Benih, Baturraden

Penat setelah kuliah full satu semester? Pingin jalan-jalan ke luar kota saat liburan kuliah atau liburan sekolah bersama keluarga? Tentunya akan asyik banget bisa istirahat sejenak dari rutinitas kuliah kamu. Coba deh pertimbangkan wisata ke luar kota ke Baturraden di Purwokerto, Jawa Tengah.

Mengapa ke Baturraden? Ada beberapa alasan yang bagus mengapa saat liburan kuliah kamu take a break ke sana:


1. Transportasi mudah dan murah.
Kamu bisa naik kereta dari Stasiun Senen Jakarta paling murah, yakni KA Bengawan cuma dengan bayar tiket Rp78.000 kamu udah nyampe di Stasiun Purwokerto. 

Dari situ, kamu bisa lanjut ke Baturraden dengan naik Grabcar atau Gocar dengan tarif Rp30.000an aja. Kalo dengan ojek online tentu lebih murah lagi.

2. Purwokerto terkenal dengan wisata kuliner. Karena ada Universitas Jenderal Soedirman dengan banyak sekali anak kuliah di situ, dan Purwokerto adalah kota kecil, maka hampir tiap sudut kota bisa kamu temui tempat makan dengan harga bersahabat di kantong. Jajanan khas seperti kue serabi bisa kamu beli dengan harga 1000 perak, demikian juga dengan tempe mendoan.

3. Di Baturraden sendiri, ada beberapa atraksi dan spot menarik yang bisa kamu kunjungi. Antara lain Pancuran Tiga, Pancuran Tujuh, Telaga Sunyi dan lain-lain. Karena terletak di kaki Gunung Selamet, tentu udara dan hawanya sangat sejuk, di malam hari menjadi agak dingin.

4. Mungkin butuh waktu seharian menjelajahi kawasan Baturraden. Selesai berwisata kamu bisa turun ke kota kembali ke hotel, atau kamu dan keluarga bisa cari hotel di kawasan Baturraden juga. Ada beberapa hotel bagus, seperti Hotel Rosenda yang sejak dulu telah eksis atau satu penginapan berikut yang saya rekomendasikan.

5. Penginapan yang saya rekomendasikan untuk liburan kuliah kamu di Baturraden yang murah dan bagus adalah penginapan milik Balai Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura Wilayah Banyumas, Dinas Pertamanan dan Perkebunan, atau dikenal juga sebagai Kebun Benih Hortikultura Baturraden.

Tampak Dalam Kamar Wisma Balai Benih Bangunan Baru


Kantor Balai Benih ini memiliki bangunan di depan dan belakang yang memiliki banyak kamar yang disewakan layaknya vila atau hotel harian.

Bangunan depan agak kuno namun bagus terawat, memiliki 5 kamar yang bisa disewa per kamar per hari dengan tarif hanya Rp100.000. Tiap kamar bisa diisi 2-3 orang tanpa AC (karena udara Baturraden sudah dingin). Ada yang berkamar mandi dalam, ada juga yang berkamar mandi luar. Fasilitas TV layar datar hanya ada di ruang bersama atau ruang tamu. Namun kamar mandi sudah dilengkapi dengan air panas. 

Bangunan belakang jauh lebih baru dengan 10 kamar, di mana kamar berkapasitas 2 orang disewakan Rp130.000, sedangkan kamar luas berkapasitas 3 orang - bisa juga diisi hingga 5 orang dengan tambah bed - (di mana sudah tersedia satu double bed besar dan satu single bed besar) disewakan per harinya Rp150.000. 

Tiap kamar sudah dilengkapi TV layar datar 32 inchi, kamar mandi dengan air panas, selimut. Untuk handuk dan sabun mandi sudah disediakan, namun sandal serta perlengkapan mandi lainnya tidak disediakan. Ada juga aula yang disewakan dengan tarif Rp500.000 untuk acara gathering atau event tertentu. Dapur untuk masak juga sudah tersedia. Memang bangunan belakang ini sudah sering disewa untuk acara-acara. 

 Mushola Wisma Balai Benih, Baturraden

Vila atau penginapan milik Kebun Benih Baturraden ini dilengkapi juga dengan taman yang indah dan mushola yang bisa menampung sekitar 50 orang. Letaknya yang strategis di pinggir jalan dan dekat dengan pintu masuk wisata Baturraden menjadikan penginapan murah dan bagus ini sangat recommended untuk kamu dan keluarga saat break dari kuliah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar