IKLAN

Kamis, 27 Februari 2014

Tips Memilih Kuliah Murah dan Berkualitas

Oleh: Adi ST
Pada dasarnya, kebanyakan siswa SMA yang ingin melanjutkan kuliah sangat mendambakan bisa kuliah di perguruan tinggi negeri. Alasannya bisa bermacam-macam, di antaranya biaya lebih murah daripada perguruan tinggi swasta, lebih bergengsi, lebih mudah mencari pekerjaan setelah lulus dan lain sebagainya. Namun adakalanya keinginan tersebut harus kandas karena satu dan lain hal, sehingga mau tidak mau demi masa depan lebih baik maka kuliah di perguruan tinggi swasta pun dilirik sebagai alternatifnya. Meskipun "swasta" seringkali diidentikkan dengan "biaya mahal", namun bukan berarti kuliah dengan biaya murah di perguruan tinggi swasta hanyalah mimpi.

Nah, jika Anda termasuk salah seorang yang akan atau sedang mencari kuliah murah dan berkualitas di perguruan tinggi swasta, ada baiknya menyimak beberapa tips berikut:


1. Cek lebih dulu apakah suatu jurusan atau program studi yang Anda minati telah terakreditasi BAN PT atau belum. Jika Anda bercita-cita menjadi pegawai negeri setelah lulus, maka carilah program studi dengan nilai akreditasi minimal B, lebih baik lagi A. Sekedar informasi, ada kalanya jurusan atau program studi di suatu perguruan tinggi swasta memiliki nilai akreditasi yang sama dengan jurusan atau program studi sejenis di perguruan tinggi negeri, sehingga secara kualitas tidak ada perbedaan antara keduanya.

2. Jangan cepat tergiur dengan promosi biaya kuliah murah. Ada kalanya uang kuliah ditetapkan fixed dan dibayarkan per bulan sehingga tampak murah, namun sebenarnya uang kuliah itu belum mencakup biaya praktikum (jika ada praktikum), ujian tengah semester dan ujian akhir semester. Sehingga jika ditotal per semester bisa jadi sama atau bahkan lebih tinggi daripada yang ditawarkan perguruan tinggi swasta lain untuk jurusan atau program studi yang sama. Menanyakan sebelumnya, apakah ada atau tidak uang gedung - atau uang sumbangan pendidikan - atau yang sejenisnya yang biasanya berjumlah cukup besar, juga merupakan langkah yang bijaksana.

3. Ada baiknya ditanyakan mengenai jaringan alumni di jurusan atau program studi tersebut. Seringkali jika memiliki jaringan alumni yang kuat akan memudahkan Anda untuk segera mendapat pekerjaan setelah, atau bahkan sebelum Anda lulus.

4. Seringkali untuk mendapatkan gambaran seberapa baik pamor jurusan atau program studi tersebut di mata perusahaan-perusahaan, bisa ditanyakan berapa lama waktu tunggu rata-rata seseorang mendapat pekerjaan setelah lulus. Data ini biasanya sudah dimiliki oleh suatu jurusan atau program studi yang Anda minati.

Demikianlah beberapa tips mencari kuliah murah dan berkualitas. Tentu masih ada beberapa hal yang bisa ditambahkan di sini, namun keempat poin di atas rasanya sudah cukup memadai bagi Anda untuk mulai berburu dan memilih-milih perguruan tinggi swasta, baik sebagai tujuan utama kuliah Anda atau pun hanya sebagai cadangan jika tidak berhasil menembus persaingan mendapatkan kursi perguruan tinggi negeri.

Semoga bisa memberikan pencerahan.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar