IKLAN

Minggu, 06 April 2014

Sejumlah Perguruan Tinggi Negeri Baru Eksis di Bulan April 2014

Oleh: Adi ST

Sejumlah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) baru disahkan berdirinya di Indonesia setelah Presiden SBY menandatangani sejumlah Perpres di Jakarta tertanggal 1 April 2014 yang menandai kelahiran PTN tersebut. Sebagaimana diberitakan detik.com, PTN tersebut adalah Universitas Teuku Umar (Aceh Barat), Universitas Tidar (Magelang), Universitas Siliwangi (Tasikmalaya), Universitas 19 November (Kolaka), Politeknik Negeri Subang, Politeknik Negeri Ketapang, dan Politeknik Tanah Laut, Tanah Laut (Kalsel).

Tentu peristiwa ini patut disambut dengan gembira karena ini berarti akses terhadap kesempatan mendapatkan pendidikan tinggi bagi warga masyarakat di daerah tersebut meningkat. Hal ini sekaligus juga mengurangi tingkat persaingan mendapatkan kursi di PTN yang telah lebih dulu eksis di sekitar wilayah tersebut, atau di provinsi terdekatnya. Namun bagi kalangan perguruan tinggi swasta (PTS) di wilayah itu, akankah ini menjadi ancaman bagi mereka?

Hal itu tentunya terpulang kepada mereka sendiri. Suatu acaman bisa diubah menjadi suatu peluang, misalkan dengan menggunakan saat-saat penerimaan mahasiswa baru untuk lebih mempromosikan PTS mereka. Karena ada kemungkinan besar calon mahasiswa PTN tersebut tidak lagi hanya berasal dari daerah setempat, namun juga dari daerah lain bahkan dari ibukota Jakarta sendiri. Sehingga pasti lebih banyak lagi calon yang bisa dilakukan promosi terhadapnya untuk memilih PTS tersebut sebagai alternatif pilihan kedua.

Demikianlah, semoga dengan adanya peristiwa ini pendidikan kita bisa menjadi semakin lebih baik lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar