IKLAN

Senin, 24 Februari 2014

Mahasiswa ITI Serpong Kejar Kuliah di Rusia

Sejumlah mahasiswa Institut Teknologi Indonesia (ITI) Tangerang Selatan dibekali bahasa Rusia. Kebanyakan mereka yang mengikuti pelatihan ini bertujuan untuk pergi kuliah ke Rusia. Seperti yang dialami mahasiswa Program Studi Teknik Mesin Irbal Fraroza. Irbal mengungkapkan ia bersyukur pihak kampus membuka pelatihan bahasa Rusia ini.

Menurutnya, membuka jalan bagi sebagian mahasiswa yang berminat melanjutkan pendidikannya di luar negeri. Ia mengikuti program ini sekitar tiga bulan lalu. Alasannya, karena ketertarikannya terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Rusia yang hampir setara dengan Amerika Serikat.

Kendati memiliki tingkat kesukaran cukup tinggi untuk dipahami, buktinya selama tiga bulan ia mampu menguasai teknk dasar bahasa seperti memulai percakapan maupun ungkapan. Terbukti dengan mengikuti pelatihan ini ia bersama sembilan rekannya itu berhasil lulus pada tes bahasa Rusia dasar yang memperoleh sertifikat. 

Kepala Divisi Lembaga Pengelolaaan Program Ekstensi dan Vokasional (LP2EV) ITI Kota Tangsel Bapak Rahmat Setiyadi mengutarakan, program ini diselenggarakan atas kerjasama pihak ITI dengan Kedutaan Rusia di Jakarta dengan dibantu fasilitas penyelenggaraan pelatihan bahasa dari Dinas Provinsi Banten. Kata Rahmat, pihaknya memberikan pelatihan bahasa Rusia kepada mahasiswa ITI dan umum. Bagi para peserta pelatihan yang berminat akan dilatih selama 15 kali pertemuan dengan durasi 30 jam pelajaran dalam satu semester.

(dikutip dari harian Tangerang Ekspress, Sabtu 14 Desember 2013)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar